Jumlah Planet Yang Dibutuhkan Manusia

Rasulullah SAW bersabda:

Seandainya manusia diberi dua lembah berisi harta, tentu ia masih menginginkan lembah yang ketiga. Yang bisa memenuhi dalam perut manusia hanyalah tanah. Allah tentu akan menerima taubat bagi siapa saja yang ingin bertaubat.” (HR. Bukhari no. 6436)

Manusia telah menggunakan sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan kehidupannya. Menurut perhitungan Global Footprint Network, permintaan manusia untuk sumber daya ekologis yang dapat diperbarui dan layanan yang diberikan bumi sekarang setara dengan 1,7 Bumi. Data menunjukkan kita yang  membutuhkan sumber daya dari 2 planet bumi sebelum pertengahan abad ini. Hal tersebut dihitung yang dinamakan dengan  Earth Overshoot Day – EOD  (Hari Lewat batas Bumi).

EOD menandai tanggal ketika permintaan manusia akan sumber daya dan layanan ekologis pada tahun tertentu melebihi apa yang dapat dihasilkan kembali oleh Bumi pada tahun itu. Kita menjaga defisit ini dengan melikuidasi cadangan sumber daya ekologis dan mengumpulkan limbah, terutama karbon dioksida di atmosfer.

Data EOD disusun dan dihitung oleh Global Footprint Network, sebuah wadah pemikir (think tank)  internasional yang mengoordinasi penelitian, mengembangkan standar metodologis dan menyediakan pembuat keputusan dengan alat untuk membantu ekonomi manusia beroperasi dalam batas-batas ekologis Bumi.

Tanggal EOD setiap tahunnya ditentukan oleh Global Footprint Network dengan menghitung jumlah hari dalam setahun biokapasitas Bumi untuk menyediakan Jejak Ekologis manusia. Sisa tahun ini sesuai dengan overshoot global. Earth Overshoot Day dihitung dengan membagi biokapasitas planet (jumlah sumber daya ekologis yang dapat dihasilkan Bumi tahun itu), dengan Jejak Ekologis manusia (permintaan umat manusia untuk tahun itu), dan dikalikan dengan 365, jumlah hari dalam setahun:

EOD = (Biokapasitas Planet / Jejak Ekologis Manusia) x 365

Data Footprint tersedia Global Footprint Network berasal dari National Footprint Accounts edisi 2018 (dihitung dari data UN-vetted 2014, kemudian data terbaru yang tersedia.) Data mengarah pada perhitungan 1 Agustus sebagai Earth Overshoot Day 2018.

Fakta bahwa kita menggunakan, atau "membelanjakan," modal alam kita lebih cepat daripada yang dapat diisi ulang Bumi. Dalam istilah planet, biaya pengeluaran ekologis kita menjadi lebih besar dari apa yang disediakan bumi.

Perubahan iklim — pencemaran gas “rumah kaca” yang dikeluarkan manusia lebih cepat daripada yang dapat diserap oleh hutan dan lautan — merupakan hal yang paling jelas dan mendesak. Disisi lain — luas hutan yang menyusut, hilangnya spesies, kehancuran perikanan, harga komoditas yang lebih tinggi, dan kerusuhan sipil, misalnya. Krisis lingkungan dan finansial yang kita alami adalah gejala bencana yang mengancam.

Umat ​​manusia menggunakan lebih dari apa yang dapat disediakan planet ini. Puasa Ramadhan menuntun kita untuk menahan diri dari nafsu duniawi kita dengan menjauhi apa yang dilarang dan melaksanakan apa yang diperintahkan Allah SWT.

Oleh: Dr. Hayu Prabowo

Hubungi Kami

Alamat

Gedung MUI,
JL. Proklamasi No. 51
Menteng Jakarta Pusat 10320

Telpon

0822 6104 3127
087 87 87 19 285
0857-10000-292
(021)21390247

Email

ecomasjid@gmail.com

 

Web LPLHSDA MUI

hhtp://mui-lplhsda.org
Lembaga Pemuliaan Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam MUI