Interkoneksi

Setiap spesies memiliki peran dalam jaringan kehidupan yang erat. Kita adalah bagian dari alam - kita berhubungan satu sama lain dan dengan semua hewan dan makhluk lain yang menghuni planet ini bersama kita.

 

Penggundulan hutan menyebabkan manusia dan hewan ternak kita semakin merambah wilayah kelelawar liar. Manusia dan hewan ternak sekarang lebih sering berhubungan dengan kelelawar, apalagi kelelawar dijual dipasar bersama satwa liar lainnya untuk  dijadikan sensasi panganan (delicacy) yang popular disebagian masyarakat kalangan menengah atas. Padahal kelelawar adalah pembawa virus yang sempurna - mereka berkelompok dan bertengger dengan ratusan atau ribuan yang  memungkinkan virus menyebar diantara mereka dan bahkan lintas spesies.

 

Penggundulan hutan tropis di Kongo, Amazon, dan hutan tropis Asia (terutama Indonesia) mungkin tampak tidak penting bagi orang-orang kota atau bahkan di Amerika Serikat atau Eropa, namun hilangnya hutan tropis ini (serta ekosistem lainnya) mengubah pola iklim global dan mempengaruhi orang-orang di semua belahan  dunia. Apalagi dengan adanya pesawat terbang, akan memudahkan penyebaran virus dari satu individu ke individu lainnya secara global dengan cepat.

 

Saat ini kita berada dalam suasana yang belum pernah terjadi sebelumnya, yang memberikan kesadaran betapa rapuhnya kita terhadap masalah jauh dari kita, di bagian dunia lain, pada spesies lain. COVID-19 menyadarkan dan memperlihatkan pada kita dampak besar ditimbulkan dari perusakan alam. Kita sekarang merasakan biaya sebenarnya dari kehancuran alam, dan penyebaran penyakit yang berdampak bencana dunia seperti yang kita alami.

 

 

Oleh: Dr. Hayu Prabowo

Berita Terbaru

Hubungi Kami

Alamat

Gedung MUI,
JL. Proklamasi No. 51
Menteng Jakarta Pusat 10320

Telpon

0822 6104 3127
087 87 87 19 285
0857-10000-292
(021)21390247

Email

ecomasjid@gmail.com

 

Web LPLHSDA MUI

hhtp://mui-lplhsda.org
Lembaga Pemuliaan Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam MUI