إنَّ الـحَمْدَ لِلّهِ نَـحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ، وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَن لاَّ إِلَهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُـحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُولُه. اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَن اتَّبَعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ.أَمَّا بَعْدُ: 

فَإِنَ أَصْدَقَ الْحَدِيْثِ كِتَابُ اللهِ، وَخَيْرَ الْهَدْيِ هَدْيُ نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ .  وَشَرَّ الْأُمُوْرِ مُحْدَثَاتُهَا وَكُلَّ مُحْدَثَةٍ فِي دِيْنِ اللهِ بِدْعَةٌ. أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِي بِتَقْوَى اللهِ فَقَدْ فَاْزَ الْمُتَّقُوْنَ... فَقَدْ قَالَ اللهُ تَعَالَى فِي الْقُرآنِ الْكَرِيْمِ:  ﴿ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوا اللّٰهَ حَقَّ تُقٰىتِهٖ وَلَا تَمُوْتُنَّ اِلَّا وَاَنْتُمْ مُّسْلِمُوْنَ ﴾ وَقَالَ اللهُ تَعَالَى أَيْضًا ﴿ يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوْا رَبَّكُمُ الَّذِيْ خَلَقَكُمْ مِّنْ نَّفْسٍ وَّاحِدَةٍ وَّخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيْرًا وَّنِسَاۤءً ۚ وَاتَّقُوا اللّٰهَ الَّذِيْ تَسَاۤءَلُوْنَ بِهٖ وَالْاَرْحَامَ ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيْبًا ﴾ وَقَالَ اللهُ تَعَالَى أَيْضًا ﴿ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوا اللّٰهَ وَقُوْلُوْا قَوْلًا سَدِيْدًاۙ  يُّصْلِحْ لَكُمْ اَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوْبَكُمْۗ وَمَنْ يُّطِعِ اللّٰهَ وَرَسُوْلَهٗ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيْمًا 

 

Hadirin Jamaah Shalat Jum’at yang berbahagia....

Agama Islam memandang alam ini secara integral. Hubungan timbal balik antara manusia dengan  alam, dilandasi prinsip bahwa perusakan akan membahayakan keselamatan dunia serta seisinya, terutama mengncam kehidupan manusia. Diantara fenomena perusakan itu adalah sampah yang dibuat manusia sendiri. Saat ini sampah merupakan salah satu masalah yang menjadi problem yang sangat urgent untuk segera ditangani karena sudah sangat menganggu kenyamanan hidup manusia bahkan mengancam eksistensinya! Dan sampah juga mempunyai kontribusi yang besar dalam merusak ekosistem yang mengakibatkan punahnya tumbuhan dan binatang, bahkan manusia!. Sampah sudah merajalela merusak daratan, sungai, udara dan lautan!

Allah Ta’ala menjelaskan, semua kerusakan dan kesulitan yang dialami manusia, pada dasarnya karena perbuatan manusia sendiri. Karena alam ini telah diciptakan dengan harmonis oleh Allah Ta’ala, sehingga setiap elemen kehidupan saling mendukung dan memberi manfaat. Namun ketika manusia salah bertindak, dan membuat kerusakan, terutama sampah yang diproduksinya, maka terjadilah bencana! Karena itu bencana yang terjadi karena perbuatan manusia sendiri! Allah berfirman:

﴿ وَمَآ اَصَابَكُمْ مِّنْ مُّصِيْبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ اَيْدِيْكُمْ وَيَعْفُوْا عَنْ كَثِيْرٍۗ 

Dan musibah apa pun yang menimpa kamu adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan banyak (dari kesalahan-kesalahanmu). (QS. Asy-Syura [42]:30)

 

Hadirin Jamaah Shalat Jum’at yang berbahagia....

Karena itu manusia sebagai makhluk Allah yang dikarunia akal harus bertanggungjawab mengantisipasi dampak kerusakan yang ditimbulkan sampah tersebut dalam kehidupan manusia. Allah mengingatkan manusia agar mempersiapkan segala sesuatu untuk menghadapi kemungkinan yang terjadi di masa yang akan datang. Allah Ta’ala berfirman

 

﴿ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوا اللّٰهَ وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَّا قَدَّمَتْ لِغَدٍۚ وَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ خَبِيْرٌ ۢبِمَا تَعْمَلُوْنَ ﴾

Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan”.  (QS. Al-Hasyr [59]:18)

 

Jangan sampai karena masalah sampah idak menjadi perhatian, kemudian anak cucu manusia di masa yang akan datang harus merasakan dampak negatif semua itu.

Karena itu, ada beberapa langkah yang harus kita ambil dalam melestarikan lingkungan berupa larangan melakukan perusakan di muka Bumi yang disebabkan oleh sampah dalam kehidupan kita sehari-hari. Diantara hal-hal tersebut adalah :

Pertama, dalam kehidupan sehari-hari kita harus sedapat mungkin menggunakan atau mengkonsumsi barang yang tidak akan menimbulkan sampah baik sampah plastik maupun sampah non plastik. Pilihan yang harus dijalankan di sini.

Kedua, untuk kegiatan sehari-hari, kita usahakan tidak menggunakan barang yang sekali pakai tapi kita gunakan barang yang dapat kita manfaatkan dalam waktu lama dan berulang kali.Karena hal ini akan membantu mengurangi volume sampah yang muncul setiap harinya.

Ketiga, dalam menjalankan aktivitas kehidupan sehari-hari kita gunakan barang-barang atau produk-produk yang ramah lingkungan sehingga tidak menjadi sampah yang tidak dapat terurai. Setidak kita memilih barang yang dapat terurai dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Keempat, membuat regulasi atau peraturan yang mengkondisikan masyarakat umum agar tidak mengkonsumsi barang atau produk yang dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap volume sampah.

Kelima, memberikan contoh dan mengajak kepada khalayak ramai untuk bersama-sama menerapkan gaya hidup yang beradab atau beretika dalam mensikapi masalah sampah.

 

Hadirin Jamaah Shalat Jum’at yang berbahagia....

Di atas adalah beberapa tindakan yang harus kita ambil dalam menyikapi masalah sampah yang sudah menjadi masalah nasional dan global. Dengan menyebarkan cara mitigasi terhadap sampah ini, diharapkan menghasilkan efek yang positif bagi lingkungan dan manusia. Dengan itu, akan tercatat di sisi Allah sebagai amal kebaikan, bagi yang menyebarkan metode dan saran-saran ini. 

Sesuai dengan hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah ra , bahwa Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ دَعَا إِلَى هُدًى كَانَ لَهُ مِنَ اْلأَجْرِ مِثْلُ أُجُوْرِ مَنْ تَبِعَهُ لَا يَنْقُصُ ذَلِكَ مِنْ أُجُوْرِهِمْ شَيْئًا، وَمَنْ دَعَا إِلَى ضَلَالَةٍ ، كَانَ عَلَيْهِ مِنَ الْإِثْمِ مِثْلُ آثَامِ مَنْ تَبِعَهُ لَا يَنْقُصُ ذَلِكَ مِنْ آثَامِهِمْ شَيْئًا

Barangsiapa mengajak (manusia) kepada petunjuk, maka baginya pahala seperti pahala orang yang mengikutinya tanpa mengurangi pahala mereka sedikit pun. Dan barangsiapa mengajak (manusia) kepada kesesatan maka ia mendapatkan dosa seperti dosa-dosa orang yang mengikutinya, tanpa mengurangi dosa mereka sedikit pun”. (Diriwayatkan oleh Imam Muslim, no. 2674; Abu Dawud)

 

Hadirin Jamaah Shalat Jum’at yang berbahagia....

Marilah kita bersama-sama bergerak menyampaikan ke masyarakat luas akan perlunya kita mempunyai tindakan-tindakan dalam kehidupan sehari-hari agar tidak berkontribusi secara signifikan terhadap penambahan volume sampah di lingkungan kita.

Bila kita meneladani Rasulullah dan mengamalkan ajarannya, pastilah alam ini akan bersahabat dengan kita. Karena alam akan merespon perbuatan kita terhadap alam itu sendiri.

Jika kita ingin melihat lingkungan yang bersih dan nyaman maka kita harus mengkondisikan sampah sesuai dengan ajaran agam kita dan perundang-undangan yang telah ditetapkan oleh negara kita, sebaliknya jika kita membuang sampah sembarangan maka bau yang tidak sedap, pemandangan yang jorok serta hal yang tidak nyaman lainnya akan berada di lingkungan kita, dan meneror kita.

Semoga kita semua bergerak aktif menangani masalah sampah ini.

 

بَارَكَ اللهُ لِي وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ، وَنَفَعَنِي وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الْآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ، وَاسْتَغْفِرُوْهُ، إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ.

 

Khutbah 2

الْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَلِيِّ الصَّالِحِيْنَ، وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ ، وَأَشْهَدُ أنَّ نَبِيَّنَا مُحَمَّدًا عَبْدُ اللهِ وَرَسُوْلُهُ ،

وَصَلَّى اللهُ عَلَيْهَ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلَّمَ.أمَّا بَعْدُ:

فاتَّقوا اللهَ عِبَادَ اللهِ وتمسَّكُوْا بِدِيْنِكُمْ، فَهُوَ عِصْمَةُ أَمْرِكُمْ، ثُمَّ اعْلَمُوْا  أَنَّ اللهَ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ، وَثَنَّى بِمَلَائِكَتِهِ الْمُسَبِّحةِ بِقُدْسِهِ، فَقَالَ تَعَالَى مُخْبِرًا وَآمِرًا: ﴿ إِنَّ اللَّهَ وَمَلائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ صَلُّواْ عَلَيْهِ وَسَلِّمُواْ تَسْلِيماً ﴾ [الأحزاب: 56[

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَا رَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، فِي الْعَاْلَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ، وَاْلمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ، الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ، إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ، يَا قَاضِيَ الْحَاجَاتِ.اللَّهُمَّ انْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ الْمُسْلِمِيْنَ. اللَّهُمَّ ارْفَعْ عَنَّا الْبَلَاءَ وَالْوَبَاْءَ وَالْفَحْشَاءَ وَالْمُنْكَرَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ.  اللَّهُمَّ إِنَّا نَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْبَرَصِ وَالْجُنُوْنِ وَالْجُذَاْمِ  وَكُوْرُوْنَا وَسَيِّءِ الْأَسْقَاْمِ..اللَّهُمَ اجْعَلْ هَذَا الْبَلَدَ آمِنًا سَخَاءً رَخَاءً وَعَاْمَةَ بِلادِ الْمُسْلِمِيْنَ. اللَّهُمَّ دَبِّرْنَا فَإِنَّا لَا نُحْسِنُ التَّدْبِيْرَ، وَالْطُفْ بِنَا فِيْمَا جَرَتْ بِهِ الْمَقَادِيْرُ. رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْإِيمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلًّا لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ. رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.

عِبَادَ اللهِ، إِنَّ اللهَ يَأْمُرُكُمْ بِالْعَدْلِ وَالْإِحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِي الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ، يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ، فَاذْكُرُوا اللهَ  الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ، وَاشْكُرُوْهُ عَلَى نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ، وَاللهُ يَعْلَمُ مَا تَعْمَلُوْنَ. 

وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. وَأَقِمِ الصَّلَاْةَ.

 


 

Share:
admin@ecomasjid.id