ISLAM DAN UPAYA PELESTARIAN

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

الحَمْدُ لِلّهِ الَّذِيْ هَدَمَ بِالْمَوْتِ مَشِيْدَ الأَعْمَارِ، وَحَكَمَ بِالْفَنَاءِ عَلَى أَهْلِ هَذِهِ الدَّارِ.أَحْمَدُهُ سُبْحَانَهُ وَحَلاَوَةُ مَحَامِدِهِ تَزْدَادُ  بِالتَّكْرَارِ. وَأَشْكُرُهُ وَفَضْلُهُ عَلَى شَاكِرِهِ مِدْرَارِ. وَأَشْهَدُ أنْ لَا اِلهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ المَلِكُ الْعَظِيْمُ الْقَادِرُ الْقَهَّارُ.وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلهُ المُصْطَفَى المُخْتَارُ، اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى عَبْدِكَ وَرَسُوْلِكَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ  وَأَصْحَابِهِ الْبَرَرَةِ الأَطْهَارِ. وَبُحُورِ العُلُوْمِ الزُّخَّارِ. الْمُهَاجِرِيْنَ مِنْهُمْ وَالأَنْصَارِ. أَمَّا بَعْدُ، فَيَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا اللهَ تَعَالَى وَتَأَهَّبُوا لِلْمَوْتِ الَّذِي مَا طَلَبَ اَحَدًا فَأَعْجَزَهُ. وَلاَ تَحَصَّنَ مِنْهُ مُتَحَصِّنٌ إِلاَّ أَخْرَجَهُ وَأَبْرَزَهُ. 

Ma’asirol Muslimin Yarhamukumullah

Yang di maksud taqwa sebagai kewajiban adalah :

اِمْتِثَالُ الأَوَامِرِ وَاجْتِنَابُ النَّوَاهِي

Artinya :

“ Melaksanakan  segala perintah dan menjahui segala larangan-Nya”.

Bagian dari perintah Allah adalah memperhatikan segala firman Allah yang termuat didalam kitab suci Al-Qur’anul Karim.

Allah SWT berfirman :

وَالۡاَرۡضَ وَضَعَهَا لِلۡاَنَامِۙ

Artinya :Dan Allah telah meratakan bumi untuk makhluk-Nya (QS. Ar-Rahman [55]:10)

Maksud ayat ini, Allah SWT  memberitahukan bahwa bumi dan segala isinya yang terkandung didalammnya disediakan untuk kepentingan dan kemanfaatan manusia. Berarti manusia sebagai makhluk Allah yang paling mulia dan pelaku karena dia sudah diberi akal pikiran untuk mengolah dan mengelola kekayaan bumi dan alam tempat manusia berada.

Dan Firman Allah SWT yang berbunyi :

وَمِنۡ اٰيٰتِه يُرِيۡكُمُ الۡبَرۡقَ خَوۡفًا وَّطَمَعًا وَّيُنَزِّلُ مِنَ السَّمَآءِ مَآءً فَيُحۡى بِهِ الۡاَرۡضَ بَعۡدَ مَوۡتِهَا ‌ اِنَّ فِىۡ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوۡمٍ يَّعۡقِلُوۡنَ

Artinya :

“ Dan dia menurunkan hujan dari langit, lalu menghidupkan bumi dengan air itu sesudah matinya”. (QS. Ar Rum Ayat [30]:24)

Dan dua buah ayat ini menjelaskan betapa ekosistem yang diberikan kepada manusia sehingga bumi ini betul-betul dapat dimanfaatkan dan dikelola secara baik.

Dikisahkan tatkala Rasulullah SAW setelah hijrah dan berada di Madinah, beliau melihat keadaan daerah dan bertemu dengan para petani kurma, yang saat itu  sedang menyerbuk/mengawinkan kurma, Rasulullah berkata apa tidak dibiarkan saja. Kebetulan hasil panen kurmanya tidak menggembirakan karena buahnya tampak buruk. Para petani itu mengeluh kepada Rasul perihal buah kurma itu buruk. Rasulullah SAW bersabda :

عَنْ عَائِشَةَ وَعَنْ أَنَسٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: أَنْتُمْ اَعْلَمُ بِاَمْرِ دُنْيَاكُمْ (رواه مسلم )

Artinya :

“ Kamu sekalian adalah yang palinng tahu urusan duniamu”. (HR. Muslim)

Hadits ini menjelasakan, bahwa warisan pengelolaan kekayaan alam adalah berkait dengan keterampilan dan keahlian manusia. Sabdanya yang lain :

عَنْ أَنَسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : لاَ يَغْرِسُ الْمُسْلِمُ غَرْسًا، وَلاَ يَزْرَعُ زَرْعًا، فَيَأْكُلُ مِنْهُ إِنْسَانٌ وَلاَ دَابَّةٌ وَلاَ شَيْئٌ إِلاَّ كَانَتْ لَهُ صَدَقَةٌ. (رواه مسلم)

Artinya :

“ Orang Islam tidaklah menanam sebuah pohon dan tidak pula menandur suatu tanaman sehingga hasilnya dimakan orang lain, atau binatang serta yang lainnya, kecuali itu merupakan sedekah baginya”.  (HR. Muslim)

Ma’asirol Muslimin Yarhamukumullah

Maka kita tidak selayaknya tidak memanfaatkan kekayaan dan potensi bumi yang kita tempati ini secara baik. Yang harus dihindari adalah perbuatan yang tamak dan serakah. Allah SWT memperingatkan :

وَتَاۡكُلُوۡنَ التُّرَاثَ اَكۡلًا لَّـمًّا ۙ‏وَّتُحِبُّوۡنَ الۡمَالَ حُبًّا جَمًّا ؕ‏

Artinya :

Dan kamu memakan harta pusaka dengan cara mencampur baurkan (yang halal dan yang bathil). Dan kamu mencintai harta benda dengan kecintaan yang berlebihan. (QS. Al Fajr [89] :19-20)

Kekayaan alam dan bumi pada khususnya merupakan warisan untuk kesejahteraan kita umat manusia.

بَارَكَ الله ُلِيْ وَلَكُمْ فِيْ القُرْآنِ العَظِيْمِ. وَنَفَعَنِيْ وَاِيّاَكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الْايَات وَالذِّكْرِ الحَكِيْمِ. اَقُوْلُ قَوْلِى هَذَا وَاَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ لِى وَلَكُم وَلِسَائِرِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ فَاسْتَغْفِرُوْهُ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ.

Share:
admin@ecomasjid.id